Bersedekah Tidak perlu banyak yang penting Ikhlas

Sep 7, 2021 Artikel

Sedekah dengan hati yang tulus bisa membuat sedekah lebih berkah, bernilai lebih dan dihargai dengan kebaikan lain yang lebih mengesankan. Banyak atau sedikit sedekah dilakukan, jika dilakukan karena Allah, sedekah akan membawa berbagai macam kebaikan.

Sedekah Sedikit Tapi Ikhlas Lebih Baik Dari Sedekah Banyak Tapi Riya’

Menanam ketulusan dalam hati tidak mudah. Beberapa orang merasa sangat ikhlas ketika memberikan sedekah atau membantu orang lain. Tapi di sisi lain, masih ada tujuan lain dari sedekah yang ia lakukan. Sebagian dari kita bahkan bisa melakukan sedekah karena mereka ingin dianggap wah, itu dianggap baik dan dianggap murah hati. Kemudian, jika itu seperti itu,apa kita benar-benar ikhlas?

Sedekah Sedikit tapi disertai dengan hati yang tulus dan tanpa pamrih, terutama unsur-unsur Riya ‘dalam hati, itu lebih baik daripada sedekah dengan jumlah besar tetapi terus menjadi tinggi dan diingat sepanjang waktu. Sedekah sedikit tapi tidak pernah berharap untuk mendapatkan imbalan atau pujian di dunia, justru lebih berkah dibandingkan dengan banyak sedekah, tetapi dipamerkan.

Ketika Bersedekah, Cukup Tuhan yang Tahu

Ketika bersedekah, cukup Tuhan yang tahu. Tanpa mengatakan kepada orang lain bahwa kita memberi sedekah, apa yang kita lakukan tentu dihargai untuk kebaikan dan berkah dari Allah. Dari Abu Hurairah, RA, Rasulullah SAW bersabda, “Ada tujuh golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya …(dan disebutkan salah satu dari mereka)… dan laki-laki yang bersedekah kemudian menyembunyikan sedekahnya, hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dikeluarkan oleh tangan kanannya” (HR. Bukhari & Muslim).

Bersedekah kemudian menyembunyikan akan lebih baik di hadapan Allah, bagi seseorang yang disedekahi dan dirinya sendiri. Melakukan kebaikan ini dengan rasa yang benar-benar ikhlas cukup sulit, tapi selama niat kita kuat dan baik, tidak ada kesulitan. Hal ini berlaku tidak hanya untuk umat Islam untuk sedekah yang tulus, ini juga berlaku kepada siapa pun dengan keyakinan apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perlu bantuan kami, Chatt kami sekarang

Kami siap membantu Anda, jangan ragu hubungi kami

Customer Service

Alya

Online

Alya

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00