Manfaat Minum Air Bagi Kesehatan Tubuh

Mar 9, 2021 Artikel, Info Kesehatan
Manfaat minum air

Jika tubuh kekurangan air membuat fungsi tubuh menjadi turun. Hal yang samapun terjadi jika tubuh terlalu banyak mengandung air. 

Oleh karna itu, setiap orang disarankan untuk minum air secukupnya atau dalam jumlah wajar. 

Sahabat tau gak, minum air yang cukup tidak memaksimalkan fungsi organ tubuh. Namun, minum air akan memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda. 

Inilah manfaat minum air agar tubuh tetap sehat 

1. Teratur Menjaga Cairan Badan

Badan manusia terdapat 60% air. Fungsi cairan di dalam tubuh ini beragam-ragam yaitu dari pencernaan, penyerapan, sirkulasi, pembentukan air liur atau lendir, sirkulasi nutrisi, dan keseimbangan suhu tubuh. 

Untuk itu mengapa air penting karena untuk melakukan beragam fungsi badan. pada pembentukan air liur dan lendir contohnya, fungsi air menjadi semakin penting agar melindungi kelembapan mulut, hidung, dan mata. 

 Bukan itu saja, darah merupakan sebuah cairan tubuh yang 90% terdiri dari air. Fungsi darah juga penting untuk sirkulasi oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. 

2. Pengaruh terhadap tingkat energi dan fungsi otak 

fungsi otak juga terus dipengaruhi oleh status hidrasi. Bahkan dengan dehidrasi ringan dapat merusak banyak bagian fungsi otak. 

Sebuah siswa yang melibatkan para wanita muda, peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan sebanyak 1,4% sesudah berolahraga bisa mengganggu suasana hati dan konsentrasi. 

Dehidrasi yang cukup lama dapat menimbulkan masalah pada pemikiran dan penalaran.

3. mengobati dan mencegah penyakit sakit kepala 

Dehidrasi bisa juga memunculkan sakit kepala dan migrain pada sebagian orang. Sebagian penelitian menjelaskan bahwasannya sakit kepala yaitu salah satu gejala dehidrasi yang paling umum. 

Penelitian yang lain juga menjelaskan bahwa minum yang cukup dapat membantu meringankan sakit kepala pada orang yang sedang mengalaminya. 

4. Membuat kulit semakin cantik

Kulit menyimpan banyak air. Karena air yang masuk ke dalam tubuh cukup penting untuk kulit kita. Dehidrasi juga membuat kulit lebih sensitiv pada  gangguan kulit dan kerutan.

“Dehidrasi menjadikan kulit Anda terlihat lebih kering dan kusut,” Menurut dokter spesialis kulit dari Atlanta, Kenneth Ellner. 

Namun jika sahabat sudah terhidrasi, ginjal akan mengambil dan mengeluarkan muatan cairan yang berlebihan dari dalam tubuh

5. Melindungi usus dan mencegah sembelit 

Hidrasi yang cukup bisa melindungi fungsi saluran pencernaan agar normal dan mencegah sembelit. 

Jika sahabat tidak memperoleh cukup asupan air, usus besar dapat menyedot air dari feses. Oleh karna itu, Anda akan mengalami sembelit. Meningkatkan asupan cairan dapat direkomendasikan sebagai cara untuk mengatasi konstipasi. 

6. Melindungi tubuh dari Batu Ginjal

Cairan tubuh dapat berfungsi membantu untuk mengambil limbah dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Saat memperoleh cairan yang cukup, urine akan keluar dengan mudah, berwarna terang, dan bebas bau. 

Namun saat tubuh tidak memperoleh cukup air maka konsentrasi urine akan berwarna gelap dan bau. Dan jika  Anda selalu kurang minum terus menerus, maka Anda bias terkena batu ginjal. 

7. Mengoptimalkan Kemampuan Fisik

Jika Anda tidak cukup terhidrasi, kinerja fisik akan menurun. Dan sel-sel yang tidak bisa mengatur keseimbangan cairan dan elektrolitnya akan terjadi kelelahan otot. 

Untuk itu kenapa jumlah asupan air yang cukup sangat penting saat berolahraga. Para ilmuwan percaya bahwasannya mengonsumsi banyak air dapat  meningkatkan kinerja saat aktivitas berat. 

8. Menurunkan Berat Badan

Air dapat  juga membantu menurunkan berat badan. Karena air bisa meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan laju metabolisme. 

Ada sebagian bukti menunjukkan peningkatan asupan air bisa membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme sehingga jumlah kalori yang dibakar juga naik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Perlu bantuan kami, Chatt kami sekarang

Kami siap membantu Anda, jangan ragu hubungi kami

Customer Support

Aa Aman

Online

Customer Service

Yasiindo

Online

Aa Aman

Hi, What can i do for you? 00.00

Yasiindo

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00