Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Kesehatan Otak

Mar 12, 2021 Artikel, Info Kesehatan
Kurang Tidur

Ketika tertidur pulas, tubuh sedang beristirahat. Namun, otak sedang memproses informasi yang sudah didapat dari pagi sampai malam hari sebelum tidur, kemudian menyimpannya pada bentuk memori.

Karena tidur yang cukup, sahabat sekalian bakal sanggup berpikir dengan jernih, mengingat informasi, serta membuat keputusan.

Kemudian, ketika sahabat Cuma memiliki waktu tidur yang sedikit, fungsi eksekutif otak yang berperan untuk menampilkan performa baik di sekolah, pekerjaan, dan kegiatan sehari-hari, akan berkurang

Begitu banyak alasan saat seseorang tidak bisa tidur yang cukup, contohnya kebiasaan tidur yang buruk, gangguan tidur insomnia, obstructive sleep apnea, dan menjadi pekerja shift atau batasan yang berkaitan dengan waktu tidur.

Apapun penyebabnya, sahabat tidak boleh terbiasa dengan kekurangan tidur karena tidur bukanlah suatu utang yang dapat dibayar.

Efek Negatif Kurang Tidur Terhadap Otak

masih ada juga dampak kurangnya tidur yang dapat dirasakan, misalnya:

Performa Berkurang

Kurang tidur dapat menyebabkan sahabat susah untuk berkonsentrasi dan fokus. sahabat jadi kesulitan untuk memerhatikan apa yang sedang terjadi. Jika begini, akan terlalu sulit untuk berprestasi di sekolah maupun di tempat kerja.

Waktu Reaksi Kepada Sesuatu Bakal Lebih Lama

Hal ini sebenarnya berbahaya apabila sahabat sedang melakukan aktivitas, seperti menyetir dan mengoperasikan alat berat.

Ini berpotensi melukai diri sendiri dan juga orang lain. Suatu survei menunjukkan,1/3 pengemudi mobil tertidur saat menyetir akibat kurang tidur pada malam harinya

Pikiran Inovatif dan Kemampuan Memecahkan Masalah Menurun

Saat tidur yang cukup, Sahabat memberi otak waktu untuk selalu memperbaiki kemampuan dalam berpikir kreatif serta memikirkan ide baru.

Bisa dibayangkan dampaknya jika sahabat bekerja di bidang yang membutuhkan pemikiran optimal, tetapi sahabat selalu kekurangan waktu tidur di malam, bahkan berhari-hari sebelumnya

Kurangnya Tidur Membuat Sahabat Jadi Pelupa

Bukan cuma memori, saat tidur, koneksi antara sel di dalam otak menjadi lebih kuat. Sehingga,  informasi akan dipindahkan dari ingatan jangka pendek menjadi jangka panjang.

Tanpa tidur yang cukup, sahabat dapat mudah melupakan sesuatu. Tidur sebentar setelah mempelajari suatu informasi baru dan terbukti meningkatkan kemampuan untuk mengingat dan menggunakan informasi tersebut di kemudian hari.

bukan hanya berakibat ke otak, kurang tidur juga bisa memengaruhi berbagai macam organ, sistem tubuh lainnya.

Kalua sudah berhasil mengubah struktur tidur, sekarang sahabat bisa punya waktu tidur yang cukup. Dan sahabat bisa merasakan berbagai manfaat.

Manfaat tidur cukup yang dapat dirasakan, yaitu bisa mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas, mempunyai jantung yang sangat sehat, mempunyai ingatan yang cukup baik, mengurangi risiko penyakit risiko kronis, dan lain sebagainya. Untuk memahami manfaat tidur cukup dan lebih mendalam,

Mengetahui fakta-fakta di atas, diharapkan Anda dapat lebih menyadari pentingnya tidur untuk membantu tubuh dan jiwa yang sehat. agar dewasa, cukupi kebutuhan tidur selama 7-8 jam tiap malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Perlu bantuan kami, Chatt kami sekarang

Kami siap membantu Anda, jangan ragu hubungi kami

Customer Support

Aa Aman

Online

Customer Service

Yasiindo

Online

Aa Aman

Hi, What can i do for you? 00.00

Yasiindo

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00