Breaking News
Categories
  • Do'a Berasama
  • Kajian
  • Keagamaan
  • Kegiatan Sosial
  • Kisah Inspirasi
  • Kunjungan
  • PHBI & Hari Besar Nasional
  • Santunan
  • TPQ-DTA
  • Umar bin Khattab: Khalifah Kedua yang Adil dan Tegas

    Jun 01 202415 Dilihat

    Umar bin Khattab, yang dikenal sebagai Umar al-Faruq, adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang paling berpengaruh dan dihormati dalam sejarah Islam. Lahir pada tahun 584 M di Mekah, Umar berasal dari suku Quraisy yang memiliki kedudukan tinggi. Sebelum memeluk Islam, Umar dikenal sebagai seorang yang keras dan tegas, serta seorang yang disegani oleh kaumnya.

    Perjalanan Masuk Islam

    Umar bin Khattab pada awalnya adalah salah satu musuh Islam yang paling gigih. Dia sangat menentang ajaran Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya. Namun, perjalanan hidupnya berubah drastis ketika pada suatu hari ia memutuskan untuk membunuh Nabi Muhammad SAW. Dalam perjalanan menuju tempat Nabi, ia mendengar bahwa adiknya, Fatimah, dan suaminya, Said bin Zaid, telah memeluk Islam. Dengan amarah yang membara, Umar mendatangi rumah mereka.

    Setibanya di sana, Umar mendengar mereka membaca Al-Qur’an. Ketika Fatimah menyadari kedatangan Umar, ia berusaha menyembunyikan lembaran-lembaran Al-Qur’an tersebut, tetapi Umar memaksanya untuk memberikan. Ketika membaca Al-Qur’an, hati Umar luluh dan ia merasa tergerak oleh keindahan dan kebenaran wahyu tersebut. Umar akhirnya menemui Nabi Muhammad SAW dan mengikrarkan syahadat, menandai titik balik besar dalam hidupnya.

    Peran dalam Islam

    Setelah memeluk Islam, Umar bin Khattab menjadi salah satu pendukung dan pelindung terkuat Nabi Muhammad SAW dan ajaran Islam. Keberaniannya dan ketegasannya menjadi aset berharga bagi komunitas Muslim yang saat itu sering menghadapi penindasan dan ancaman dari kaum Quraisy.

    Kepemimpinan sebagai Khalifah

    Setelah wafatnya Abu Bakar Ash-Shiddiq pada tahun 634 M, Umar bin Khattab diangkat sebagai khalifah kedua. Masa kepemimpinannya berlangsung selama sepuluh tahun dan dikenal sebagai salah satu periode paling berpengaruh dan produktif dalam sejarah Islam. Umar dikenal sebagai pemimpin yang adil, tegas, dan berwawasan luas.

    Prestasi dan Reformasi

    1. Ekspansi Wilayah Islam: Di bawah kepemimpinan Umar, wilayah kekuasaan Islam meluas secara signifikan. Pasukan Muslim berhasil menaklukkan Kekaisaran Sasanid di Persia dan sebagian besar wilayah Kekaisaran Bizantium di Suriah, Mesir, dan Palestina.
    2. Sistem Administrasi: Umar mengimplementasikan berbagai reformasi administratif yang penting. Ia membentuk sistem diwan (administrasi) untuk mengatur pendapatan negara dan pembagian gaji bagi tentara. Ia juga membagi wilayah kekuasaan Islam menjadi berbagai provinsi yang dikelola oleh gubernur.
    3. Sistem Keadilan: Umar sangat menekankan pentingnya keadilan dan kebenaran dalam pemerintahannya. Ia sering berkeliling untuk mendengar langsung keluhan dan masalah rakyatnya, memastikan bahwa semua orang mendapatkan perlakuan yang adil di bawah hukum Islam.

    Warisan dan Kematian

    Umar bin Khattab wafat pada tahun 644 M setelah ditikam oleh seorang budak Persia bernama Abu Lu’lu’a al-Majusi saat sedang memimpin salat subuh. Umar dimakamkan di samping makam Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar Ash-Shiddiq di Masjid Nabawi, Madinah.

    Warisan Umar bin Khattab sangat mendalam dalam sejarah Islam. Kepemimpinannya yang adil, reformasi administratif, dan keberanian dalam memperluas serta mempertahankan wilayah Islam menjadikannya salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah umat Islam. Kisah hidupnya mengajarkan pentingnya keadilan, ketegasan, dan keberanian dalam menghadapi tantangan demi menegakkan kebenaran. Umar bin Khattab akan selalu dikenang sebagai seorang pemimpin yang luar biasa dan sahabat yang setia bagi Nabi Muhammad SAW.

    Share to

    Related News

    Ali bin Abi Thalib: Sahabat Rasulullah y...

    by Jun 01 2024

    Ali bin Abi Thalib adalah salah satu tokoh paling penting dalam sejarah Islam. Ia dikenal sebagai se...

    Kisah Singkat Usman Bin Affan Sahabat Na...

    by Jun 01 2024

    Usman bin Affan adalah salah satu dari empat Khalifah Rasyidin dan sahabat terdekat Nabi Muhammad SA...

    Abu Bakar Ash-Shiddiq : Sahabat Terdekat...

    by Jun 01 2024

    Abu Bakar Ash-Shiddiq, yang nama aslinya adalah Abdullah bin Abu Quhafah, adalah salah satu sahabat ...

    No comments yet.

    Please write your comment.

    Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) must be filled.

    *

    *

    Arsip

    Other News

    Do’a Bersama Jum’at Berkah


    *السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه*ُ Alhamdulillah syukur kami panjatkan atas ...

    01 Jun 2024

    Umar bin Khattab: Khalifah Kedua yang Adil dan ...


    Umar bin Khattab, yang dikenal sebagai Umar al-Faruq, adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang paling berpengaruh dan dihormati dalam se...

    01 Jun 2024

    Program Bantuan Pendidikan Dari Dinas Sosial


    Dokumentasi Belanja Pembagian perlengkapan sekolah dari Program Pendidikan Dinas Sosial Untuk adik-adik yatim piatu berupa sepatu, tas, alat tul...

    02 Jun 2024

    Ali bin Abi Thalib: Sahabat Rasulullah yang Lua...


    Ali bin Abi Thalib adalah salah satu tokoh paling penting dalam sejarah Islam. Ia dikenal sebagai sepupu dan menantu Nabi Muhammad SAW, serta se...

    01 Jun 2024

    Abu Bakar Ash-Shiddiq : Sahabat Terdekat Nabi M...


    Abu Bakar Ash-Shiddiq, yang nama aslinya adalah Abdullah bin Abu Quhafah, adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang paling terkenal dan d...

    01 Jun 2024
    back to top